SMAN PINTAR BERHASIL MEMBUAT FILM DOKUMENTER KABUPATEN KUANTAN SINGINGI

SISWA SMAN PINTAR BERHASIL MEMBUAT FILM DOKUMENTER 12 KECAMATAN DIKABUPATEN KUANTAN SINGINGI

Senin, 19 Desember 2011 adalah hari yang bersejarah bagi SMAN Pintar Kabupaten Kuantan Singingi. Karena pada hari itu adalah hari yang sangat memberikan kesan yang baik dan berkualitas dalam proses pembelajaran yang berorientasi pendidikan karakter yaitu Aktif Kreatif Inovatif. Hal ini disampaikan Ronaldo Rozalino S.Sn Humas sekaligus Guru Seni Budaya (Art of culture) SMAN Pintar Kabupaten Kuantan Singingi. Siswa SMAN Pintar kelas XII IPA dapat menghasilkan film dokumenter 12 kecamatan yang ada di kabupaten Kuantan Singingi. Ungkap Ronaldo Rozalino S.Sn.

Berangkat dari sebuah proses pembelajaran seni budaya yaitu seni teater atau seni film indie yang membuat film pendek bertema Film Dokumenter. Siswa kelas XII IPA 1 dan 2 diwajibkan untuk membuat film dokumenter yaitu film dokumenter tentang kecamatan masing masing. Sama-sama kita ketahui. SMAN Pintar adalah tempat siswa berprestasi yang berasal dari 12 di Kabupaten Kuantan Singingi. Ungkap Ronaldo Rozalino S.Sn

Dengan memadukan seni dan informasi teknologi akan membuat siswa kreatif (baca:riaupos hari minggu:18 Desember 2011), akan membuat siswa aktif kreatif inovatif. Hal ini dibuktikan siswa SMAN Pintar mampu dan berhasil membuat film dokumenter 12 kecamatan yang ada dikabupaten kuantan singingi. Berikut Karya Film siswa kelas XII IPA (Generasi ke tiga SMAN Pintar):

1. Film Dokumenter dari Kecamatan Cerenti yang berjudul : Culture, Nature, And Also Infastruktur In Cerenti Distric dengan beranggotakan siswa, Dhanil Ridho Winata, Ella Oktavia, Rice Aldes Ginanti, Rizka Faulina, Welly Indah Sari.

2. Film Dokumenter dari Kecamatan Singingi Hilir yang berjudul: Keaneka Ragaman Kehidupan Masyarakat Kuantan Hilir. Dengan beranggotakan siswa, Famber Lia Handika, Lia Wulan Safitri, Wulan Widyawati, Yudha Syadeki.

3. Film Dokumenter dari Kecamatan Benai yang berjudul: Love and Life Kecamatan Benai. Dengan beranggotakan siswa, Elfira Rahmawati, Nir Annisa, Resti Setiani, Rico Cahyanto, Tria Marta Gusnisa

4. Film Dokumenter dari Kecamatan Kuantan Mudik yang berjudul: Pesona Kuantan Mudik dari berbagai kehidupan. Dengan beranggotakan siswa, Betty Mailizar, Desti Kurnia, Laila, Lilik Febriani, Raudhatul Atikah.

5. Film Dokumenter dari Kecamatan Hulu Kuantan yang berjudul: Tanah Pusako Hulu Kuantan. Yang berangotakan siswa, Cindy Claudia, May Sarah, Wiwismi, Yollanda Putri, Yolla Silvia.

6. Film Dokumenter dari Kecamatan Kuantan Hilir yang berjudul: Bumi Baserah. Dengan beranggotkan siswa, Gusti Robby Walla, Luli Prapanca Sari, Rani Ardina, Rika Andeska, Wulandari.

7. Film Dokumenter dari kecamatan Inuman yang berjudul: Mutiara Jingga dari Timur Kuansing. Yang beranggotakan siswa, Andayanis, Dustri Ningsih, Rido Ardison, Rizkia Puji Nanda, Wanti Afriana.

8. Film Dokumenter dari kecamatan Pangean yang berjudul: Kemilau Nagori Pangean. Yang beranggotakan siswa, Darwa Suganda, Delapa Gusti Rahmi, Elika Gustina, Kiprah Piawi, Kina Pertiwi.

9. Film Dokumenter dari kecamatan Singingi yang berjudul: All About Singingi District. Yang beranggotakan siswa, Aslihli Zuriati, Devi Aniya Nyi Wulan Ningsih, Wfi Riyandani, Siti Sariyanti, Wilawati Miftahul Jannah.

10. Film Dokumenter dari kecamatan Gunung Toar yang berjudul: Profil Seputar Negeri Gunung Toar. Yang beranggotakan siswa, Dian Mayasari, Isra Afriani, Lola Novita Hendra, Sella Apriani Putri, Winda Desfianti.

11. Film Dokumenter dari kecamatan Logas Tanah Darat yang berjudul: Kecamatan Logas Tanah Darat. Yang beranggotakan siswa, Abdul Syukur, Endang Permatasari, Irchamni Lutfi, Lida Dariyanti, Susanti.

12. Film Dokumenter dari kecamatan Kuantan Tengah yang berjudul: Mengupas Kehidupan Di Rantau Kuantan Tengah. Yang beranggotakan siswa,Firska Lorensa, Jessy Latni Gusniarta, Nurahhma Dewi, Nurrhama Dewi, Rifdah Juniarti Hasmi, Sonya Suhardian.

Itulah hasil karya film siswa kelas XII IPA SMAN Pintar generasi ketiga di SMAN Pintar Kuansing. Dari hasil yang diapreasi dan tontonkan, sebelumnya mereka melakukan persiapan selama 3 bulan pembelajaran seni teater atau seni film indie. Berbagai proses yang dilalui yaitu dari pencarian ide, latar belakang, landasan kegiatan, tujuan kegiatan, manfaat kegiatan, jenis kegiatan, waktu pelaksanaan, dan tahap persiapan dan rencana kegiatan seperti pra produksi lalu dilanjutkan pembuatan shooting script, editing script, hingga pelaksanaan kegiatan, yang hasilnya diapresiasi civitas SMAN Pintar nantinya. Ungkap Ronaldo Rozalino S.Sn Guru Pembimbing dan Produser pembuatan Film Dokumenter 12 Kecamatan di Kabupaten Kantan Singingi.

Berbagai masalah yang dihadapi siswa kelas XII IPA generasi ke 3 SMAN Pintar ini, tidak menyurutkan kami untuk tetap berkarya dan menghasilkan karya yang berkualitas dan mampu bersaing oleh sekolah tingkat SMA yang ada di provinsi Riau, dibuktikan bahwa kami bisa berbuat dan membuat film ini dengan baik dan berkualitas ungkap Wulandari perwakilan siswa kelas XII IPA SMAN Pintar.

Semoga hasil film dokumenter karya siswa kelas XII IPA generasi ke tiga SMAN Pintar menjadi bagian rekaman sejarah seni dan budaya yang ada di Kabupaten Kuantan Singingi. Dan memberikan kontribusi pendidikan karakter yang ada di Kabupaten Kuantan Singingi. Jayalah Pendidikan Kabupaten Kuantan Singingi.

 

Guru/Humas SMAN Pintar Kabupaten Kuantan Singingi

Ronaldo Rozalino S.Sn

NIP.19830730 2011021002

HP:  085363554777

BLOG: ronaldorozalino.blogspot.com

0 komentar:

Poskan Komentar