2 Oktober 2009 Memperingati Hari Batik Ditetapkan UNESCO Sebagai Warisan Budaya Indonesia

IMG_4956IMG_4952

IMG_4955IMG_4957

Saya dan Rekan-rekan guru di SMA Pintar Hari ini, 2 Oktober 2009 Mengenakan Batik sebagai wujud kecintaan Budaya Indonesia

batik-solo-a Hari ini, Jum'at,2 Oktober 2009, adalah pengukuhan hari batik Indonesia atau penetapan Educational, Scientific and Cultural Organisation ( UNESCO ) bahwa batik adalah warisan budaya Indonesia.
Rencananya, pengukuhan batik Indonesia oleh UNESCO akan dilakukan di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab. Hal ini telah ditegaskan oleh Menteri Ad-Interim Kebudayaan dan Pariwisata, Mohammad Nuh.
"Pengukuhan batik Indonesia oleh UNESCO akan dilakukan kurang lebih pada pukul 20.00 WIB dan Presiden akan mendeklarasikannya secara resmi pada pukul 21.00 WIB" kata M Nuh.


jiunkpe-ns-patterns (design elements)-2006-41405045-3929-batik_pekalongan-resource1-preview Sebelumnya, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) menyerukan kepada seluruh rakyat Indonesia untuk memakai batik pada 2 Oktober secara serentak. Hal ini dimaksudkan sebagai ungkapan rasa syukur atas prestasi serta anugerah yang telah diraih oleh bangsa Indonesia. Seruan ini pun langsung diikuti oleh para kepala daerah di Indonesia.
Tak cuma itu, Persatuan Pelajar Indonesia se-Malaysia (PPIM) tidak ketinggalan mengimbau para pelajar Indonesia yang ada di Malaysia untuk menggunakan batik.


batik bay 100% cotton mens shirts "Bersama ini kami ingin menyampaikan berita dan himbauan bahwa Persatuan Pelajar Indonesia se-Malaysia sedang menggiatkan program yang kami namakan 'BERDUA BERBATIK' yang merupakan kepanjangan dari “bersama di dua Oktober berbatik"," ujar Ketua Umum PPIM Abdullah Abbas.
Para penjual baju batik pun mendapatkan rejeki dari keputusan UNESCO ini. Karena antusiasme masyarakat untuk memakai batik makin meningkat, batik yang mereka jual pun laris manis bak kacang goreng saja. Hal ini setidaknya terjadi di salah satu toko penjual batik di Pasar Atom Tahap I lantai I, Surabaya.


Soal batik yang akan menjadi hak milik resmi Indoensia ini, negeri Jiran yang juga mengklaim batik, Malaysia sebenarnya tidak tinggal diam. Mendengar UNESCO akan mengukuhkan batik sebagai warisan budaya Indonesia, Wakil PM Malaysia, Tan Sri Muhyiddin Yassin menyatakan pihaknya akan mempelajari keputusan UNESCO tersebut. Namun hingga detik ini belum diketahui apakah niat Malaysia tersebut berhasil.


Proses pengukuhan batik Indonesia cukup panjang. Berawal pada 3 September 2008 yang kemudian diterima secara resmi oleh UNESCO pada tanggal 9 Januari 2009. Tahap selanjutnya adalah pengujian tertutup oleh UNESCO di Paris pada tanggal 11 hingga 14 Mei 2009. Sumber detik.com

Untuk memeperingatinya, saya pun berangkat kesekolah mengenakan batik, sebagai rasa cinta budaya Indonesia.

Selamat Hari Batik Indonesia dan Cintai Warisan Budaya Indonesia

6 komentar:

ellysuryani mengatakan...

Mantap. Sayang penulis tidak upload fotonya yang sedang berbatik ria hari ini. Nice posting. Pokoknya ayo hargai dan cintai batik kita.

FATAMORGANA mengatakan...

Mari2 "Setelah diakui sebagai Budaya Tak benda Warisan Manusia (Intangible Cultural Heritage of Humanity) oleh UNESCO, menjadi kewajiban bagi kita untuk lebih mengapresiasi batik Indonesia sebagai bagian dari aktivitas keseharian kita,"

Anonim mengatakan...

Bangga dengan batik; Pakaian Kita Semua

Anonim mengatakan...

Bulan depan 02 Nov Unesco akan mengakui Koteka sebagai warisan budaya Indonesia, mari pada tgl tersebut bangsa Indonesia memakai koteka. INGAT...!! Sebarkan ke teman2 yg lain

reni mengatakan...

Seneng ya kalau budaya Indonesia diakui dunia ?
Banyak blogger yg juga memajang foto mereka pake batik (termasuk aku) hehehe...

Rumah Dijual mengatakan...

Sudah selayaknya kita memberikan apresiasi bagi hari batik dengan cara berpakaian batik. kita patut bersyukur, setelah melewati perjuangan yang tidak mudah, akhirnya batik diakui juga sebagai milik Indonesia oleh UNESCO.

mudah-mudahan momen ini bisa dijadikan sebagai titik awal untuk mempatenkan warisan budaya milik kita yang lainnya. agar tidak terjadi lagi insiden pencaplokan hak paten budaya kita oleh negeri orang lain.
Hidup Batik Indonesia!

Dijual Rumah

Posting Komentar